5 Fakta Unik Ruang Hampa Udara

Danil rafiqi - Hampa udara, apa yang kalian pikirkan tentang hampa udara ??? mungkin sebagian orang berfikir hampa udara itu pasti diluar angkasa, ada juga yang berfikiran kalo hampa udara itu tempat yang gak ada udaranya ( emang bener sihh :D ). Hampa udara adalah tempat yang tidak memiliki udara sama sekali (menurut gue). Diruang hampa udara kalian bakal kesulitan untuk napas. Kalian bisa napas tapi yang kalian hirup itu karbondioksida yang kalian keluarin, jadi saat karbondioksida keluar, lalu karbondioksida itu kalian hirup lagi karna berada diruang hampa udara.

Orang orang banyak yang berfikiran bahwa ruang hampa udara itu adanya pasti diluar angkasa, sebenernya itu fakta juga sih kalo ruang hampa udara itu adanya diluar angkasa. Karena dilular angkasa itu ruang hampa udara, makanya para astronot itu pada pake baju pelindung khusus saat pergi keluar angkasa.

Sebenernya apa sih pengertian dari hampa udara itu sendiri ?

Hampa udara merujuk pada volume ruang yang pada dasarnya kosong dari materi, sehingga tekanan udaranya lebih rendah dibanding tekanan atmosfer. Istilah ini berasal dari bahasa latin yaitu Vacuus yang memiliki arti Kosong. Pengertian klasik mengenai hampa udara sempurna adalah tekanan gas yang persis nol (ini hanyalah konsep filosofis dan tidak pernah diamati dalam prakteknya).
Pengalaman UN Berbasis Komputer (UNBK) Atau CBT

Jadi ruang hampa udara tidak mesti di luar angkasa saja, ditempat lain pun bisa dikategorikan sebagai ruang hampa udara, asalkan ruang/tempat tersebut volume udaranya rendah atau tidak ada udara sama sekali.

Fakta Unik Ruang Hampa Udara yang Jarang diketahui

1.Hampa udara tidak hanya diluar angkasa

Faktanya memang ada beberapa tempat yang hampa udara selain luar angkasa. Contohnya adalah ruang hampa yang dibuat ilmuwan untuk eksperimen, tempat bawah laut juga termasuk ruang hampa udara (pada kedalaman tertentu saja), ketinggian tertentu juga bisa terdapat ruang hampa udara.








2.Bisa dihuni makhluk hidup

Makhluk hidup yang dimaksud disini adalah hewan mikro yang sangat kecil, namanya adalah tardigrada. Tardigrada merupakan makhluk hidup yang berukuran 0,1 mm dan larva dari tardigrada berukuran 0,05 untuk tardigrada dewasa berukuran 1,5 mm woooww sangat kecil yaaa. Tardigrada dapa bertahan hidup air yang tentunya air tersebut hampa udara. Makhluk ini sering disebut juga beruang air.
Menjadi Relawan Migrasi Linux Lampung




3.Ruang hampa udara tidak bisa dideteksi oleh radar

Sampai saat ini belum ada teknologi canggih yang bisa mendeteksi keberadaan ruang hampa udara, hal ini disebabkan ruang hampa udara merupakan ruang yang bebas dari partikel sehingga tidak ada materi yang dapat memancarkan sinyal radio ataupun sinyal lain yang bisa dideteksi.





4.Beberapa planet disebut hampa udara

Tidak seperti bumi yang dapat dihuni oleh setiap manusia, planet lain tidak dapat dihuni oleh manusia. Hal itu disebabkan oleh tidak adanya oksigen di planet tersebut. Planet lain rata rata dilapisi gas karbon monoksida sehingga membuat manusia kesulitan bernafas, pada keadaan seperti inilah dapat disebut juga sebagai ruang hampa udara. Contoh planet yang hampa udara adalah venus, jupiter, saturnus, uranus, dll.
Perjalanan Bis Way Abung





5.Saat berada di ketinggian bisa berada diruang hampa udara

Saat kita naik pesawat dan pesawat itu terbang tinggi diudara dan terbang saaaaaangat sangaaaaat tingggi maka ada kemungkinan pesawat itu bakal melewati yang namanya ruang hampa udara. Contohnya saja Garuda Indonesia pernah melewati ruang hampa udara saat terbang ke jepang, waktu itu berada di ketinggian sekitar 41ribu kaki.
Pengalaman Saya Pakai Linux


Demikian postingan mengenai fakta ruang hampa udara semoga dapat menambah pengetahuan dan salam blogger.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 5 Fakta Unik Ruang Hampa Udara"

Post a Comment

1. Berikan Komentar yang Relevan
2. Tidak Mengandung SARA
3. Berkomentar yang Sopan

Konsultasi Aplikasi